HEADER FLASH

Rabu, 19 Juli 2023

LUARAN PROGRAM KERJA PENANAMAN POHON MAHASISWA MEMBANGUN 1000 DESA UNIVERSITAS BRAWIJAYA DI DESA KETAWANG

KETAWANG - Mahasiswa Universitas Brawijaya melakukan pengabdian masyarakat Mahasiswa Membangun 1000 Desa di Desa Ketawang oleh kelompok 101 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 13 orang. Tetenger Bumi merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan, dengan rangkaian kegiatan berupa sosialisasi manfaat menanaman Pohon bagi masyarakat desa, pembagian bibit, penanaman pohon, serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan penanaman pohon dilakukan sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat pentingnya penanaman pohon dalam segi ekonomi, ekologi, dan sosial. Selain itu, penanaman pohon dilakukan sebagai upaya mitigasi perubahan iklim. 

Penanaman pohon dilakukan setelah adanya sosialisasi (9/7) mengenai pentingnya penanaman pohon. Setelah penanaman berlangsung terdapat monitoring dan evaluasi untuk mengetahui perkembangan bibit pohon yang telah ditanam dengan melakukan penyiraman dan pengukuran tanaman selama 3 hari sekali. Luaran dari kegiatan monitoring dan evaluasi berupa peta tutupan lahan dan peta administrasi persebaran wilayah Desa Ketawang.

Hasil peta yang pertama adalah peta tutupan lahan Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang memiliki skala ukuran 1: 16.500. Legenda yang dijelaskan garis yang mewakilkan sungai, jalan desa, jalan utama, dan batas wilayah desa. Lalu terdapat juga area yang berupa warna seperti pemukiman, instansi pendidikan, sarana ibadah, puskesmas, kantor desa, area ruang terbuka hijau, dan area penanaman yang dilakukan. Sumber data yang diambil merupakan hasil dari citra satelit dan data lapangan yang dimiliki oleh Desa Ketawang.

Hasil peta yang kedua adalah peta administrasi  Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang memiliki skala ukuran 1: 16.500. Legenda yang dijelaskan garis yang mewakilkan sungai, jalan desa, jalan utama, dan batas wilayah desa. Lalu terdapat juga area yang berupa warna seperti pemukiman, instansi pendidikan, sarana ibadah, puskesmas, kantor desa, wilayah RW 1, wilayah RW 2, wilayah RW 3, dan wilayah RW 4. Sumber data yang diambil merupakan hasil dari citra satelit dan data lapangan yang dimiliki oleh Desa Ketawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar